SEKILAS INFO
07-12-2019
  • 6 bulan yang lalu / Pengumuman Daftar Kelulusan Siswa Siswi MAN 1 Lampung Timur T.P. 2018/2019 Akan tampil pada Jam 03.00 WIB
  • 8 bulan yang lalu / Pengumam Hasil Kelulusan Penerimaan Peserta didik Baru Hari¬† Selasa, 2 April 2019 di https://man1lampungtimur.sch.id atau https://ppdb.man1lampungtimur.sch.id
3
May 2019
Kabid Madrasah Uji Kompetensi Siswa Tahfidz Quran MAN 1 Lampung Timur

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Ahmad Rifai yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung mengaku sangat bangga dan terharu usai menguji 24 orang siswa tahfidz Quran sekaligus melepas siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Timur. Pasalnya siswa yang hafal 3 sampai dengan 16 juz itu lancar melantunkan setiap ayat yang diujinya. Kegiatan Wisuda yang dirangkai dengan pelepasan siswa kelas XII itu di hadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur , Ketua Komite dan Fokorpincam Batanghari itu dilaksanakan di Kampus MAN 1 Lampung Timur, Selasa, 29 April 2019.

Dalam sambutannya Ahmad Rifai mengatakan memberikan apresiasi setinggi tingginya atas prestasi siswa MAN 1 Lampung Timur yang telah lulus SNMPTN dan SPAN PTKIN bahkan mencapai 48 %. Hal ini tentunya berkat kerja keras jajaran civitas baik itu Kepala Madrasah, dewan guru dan seluruh siswa serta dukungan dari Komite. Menurutnya kelulusan bukan sekedar tradisi akhir tahun ajaran, tapi juga pertanda berakhirnya proses pendidikan tinggi tingkat menengah untuk memasuki pendidikan yang lebih tinggi. Kalian memang telah menyelesaikan belajar secara formal SLTA di Madrasah ini, tapi bukan berarti tugas kalian telah selesai. Lanjutkanlah ke pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan minat dan bakat kalian masing-masing,Kata Ahmad Rifai. Dia juga berpesan kepada siswa kelas XII untuk mengukir prestasi setinggi-tingginya dan menjaga nama baik Almamater.

Menguji secara langsung kemampuan siswa tahfidz Quran Kepala Bidang Madrasah yang pernah 3 tahun mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor ini ini mengaku bahwa bacaan anak-anak sudah cukup baik, bahkan hafalannya juga lancar. Secara umum bacaan anak-anak sudah cukup baik, meskipun masih ada beberapa yang harus diperbaiki. Dan yang paling penting adalah jangan berhenti sampai disini saja hafalannya, bahkan nanti saat anak-anak sekalian mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, hafalannya harus terus dilanjutkan,Kata Ahmad Rifai.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Timur Karwito mengatakan terhadap program tahfidz Quran yang digulirkan oleh Kepala Kantror Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, pihaknya telah merespon dengan baik. melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap Madrasah-madrasah di wilayahnya. Seperti yang kita saksikan hari ini MAN 1 Lampung Timur telah melaksanakan wisuda tahfidz Quran, selanjutnya nanti MTSN 1 dan MTSN 2 Lampung Timur, kemudian ada beberapa Madrasah Ibtidaiyah bahkan Madrasah-madrsah swasta. Ini adalah bukti nyata bahwa program tahfidz berjalan dengan sangat baik di Lampung Timur,Kata Karwito.

Kepala MAN 1 Lampung Timur Imam Syahroni mengatakan bahwa siswa tahfidz yang diwisuda berjumlah 24 orang dan semuanya hafal diatas 3 juz, namun secara keseluruhan jumlah siswa yang hafal adalah 150 orang dengan perincian : 1 Juz sebanyak 64 siswa, 2 Juz : 57 siswa, 3 juz : 21 siwa, 4 Juz: 5 Siswa, 6 Juz : 1 siswa, 15 Juz : 1 siswa dam 15 Juz 1 siswa.